Monday 19 December 2016

TEKNIK MENATA MEJA BUFFET (LAVING A COVER)



TEKNIK MENATA MEJA BUFFET (LAVING A COVER)
Dalam menata meja buffet, cover mempunyai dua pengertian, yaitu :
1.                   Tamu atau jumlah tamu yang dapat di tampung dalam suatu restoran.
2.                   Semua cutlery, chinaware, glassware dan linen yang diperlukan untuk dipersiapkan diatas meja  sebagai alat untuk makan bagi seorang tamu, sesuai dengan jenis makanan  yang akan dihidangkan.

Cara mempersiapkan/memasang cover adalah :
1.                   Cara A’la Carte Coveer :
a.                    A fish or hors d’oevrre plate, dengan simbulnya/merk daari suatu perusahaan, menghadap tamu, diletakkan sebagai petunjuk untuk setiap cover kira-kira 1,5 cm dari tepi meja dan tepat di tengah-tengah kursi.
Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa cover harus berhadapan satu dengan yang lain secara tepat dan rapi.
b.                   A fish knife dipasang di sebelah kanan daari fish/hors d’oeuvre plate kira-kira 1 cm dan fish fork di sebelah kiri. Dan 1,5 cm dari tepi meja.
c.                    Side plate/bread and butter plate, haarus dipasang di sebelah kiri cover, yang berdekatan dengan fish fork ttapi tidak bersentuhan.
d.                   A side knife/bread and butter knife dipasang secaara menyilang ataupun tegak lurus di atas bread and butter plate, agak sebelah kanan dan ini tergantung pada restoran itu sendiri serta mata pisau itu tidak menhadap ke kanan.
e.                    Napkin yang telah dilipat diletakkan di atas fish/hors d’oeuvre plate secara rapi.
f.                    Water goblet harus dipasang di ujung daripada fish knife.
g.                   Wine glass harus dipasang agak ke kanan bawah dari water goblet.

2.                   Table D’hote Cover
Table d’hote cover adalah sangat tergantung pada jenis makanan/menu yang dihidangkan tapi pada umunya sebagai berikut :
a.                    Taruhlah sebuah piring atau sebuah napkin sebagai peetunjuk di atas meja di tengah-tengah kursi.
b.                   Di sebelah kanan dari piring/napkin kira-kira 1 cm, pasanglah dinneer knife, fish knife dan soup spoon serta di sebelah kiri dinner fork dan fish fork.
c.                    Menyilang di atas cover, dessert spoon dan dessert fork harus dipasang, dimana tangkai dari dessert spoon harus menghadap ke kanan di atas dessert fork yang tungkainya menghadap kekiri.
d.                   Di sebelah kiri cover, letakkan side plate (bread and butter plate) besserta bread and butter knife di atasnya.
e.                    Napkin yang telah dilipat harus diletakkan diantara dinner knife dan dinner fork.
f.                    Water goblet glass, harus dipasang di ujung dari pada dinner knife.
g.                   Wine glass agak ke kanan bawah dari water goblet.
h.                   Cruets, bunga, asbak dan table numbeer ditengah meja bersama accompaniment yang lain.

3.                   American Cover
a.                    Napkin ditaruh di tengah, sebelah kanannya dinner knife, satu atau dua ttea spoon, di sebelah kiri dinner fork dan bread and butter plate.
b.                   Water goblet di ujung dinner knife.
c.                    Untuk American cover, sering dijumpai bahwa table accompaniments terdiri dari cruets, bunga asbak, table number dan juga sugar bowl (tempat gula).

4.                   French Cover
a.                    Fish/hors d’oeuvre plate beserta napkin ditengah-tengah cover.
b.                   Dinner knife dan soup spoon di sebelah kanan dan dinner fork di sebelah kiri hors d’oeuvre plate.
c.                    Dessert spoon dan fork di atas coverr
d.                   Water goblet di ujung dinner knife
e.                    Table accompaniments di tengah-tengah meja.

Perlu diperhatikan dalam mempersiapkan cover ini segala sesuatunya harus bersih, rapi, simetris, sehingga sungguh-sungguh mempunyai keindahan.
Selain memasang cover, pada teknik menata meja buffet, terdapat pula cara memasang peralatan makan pada meja. Cara-cara tersebut adalah :
1.                   Memasang alat-alat makan untuk makanan khusus (Laying a cover for speciality dishes)
Laying a cover for speciality dishes berarti mempersiapkan alat-alat tertentu untuk jenis makanan tertentu pula. Yang dimaksud dengan alat-alat tertentu adalah semua jenis cutlery yang diperlukan untuk melengkapi table set-up sebagai bagian dari cara penghidangan yang baik untuk makanan tertentu seperti misalnya : shell fish coctail/oyster, fruit cocktail, grilled meats, dan lain-lainnya.

2.                   Memasang cover untuk jenis makanan tertentu (speciality dishes)
Speciality dishes dihidangkan sebagai makanan penarik selera (appetizer), dan memerlukan satu jenis cutlery, harus dipasang di sebelah kanan dari pada cover dan sejajar dengan cutlery yang terpasang sebelumnya kira-kira 1,5 cm dari tepi meja misalnya :
a.                    Tea spoon untuk grape fruit/fruit cocktail, oyster fork untuk shell fish coctail, maka harus dipasang satu di sebelah kanan cover dan yang satu lagi di sebelah kiri, dan harus sejajar dengan cutlery yang telah ada.
b.                   Snail tongs harus dipasang disebalah kanan cover.
c.                    Lobster crackers harus dipasang di sebelah kiri dan lobster pick di sebelah kanan cover. Kesemua jenis cutlery tersebut harus dipasang sejajar dengan cutlery yang terpasang sebelumnya dari 1,5 cm dari tepi meja. Jika speciality dishes dihidangkan sebagai main course seperti  grilled meats/steaks, maka dinner knife diganti dengan steak knife. Jika speciality dishes dihidangkan sebagai dessert dan terdiri dari dua jenis cutlery, maka harus dipasang di atas cover.
d.                   Disamping jenis cutlery tertentu yang diperlukan, khususnya makanan yang disentuh dengan tangan pada saat makan harus dilengkapi dengan finger bowl berisi air panas dan seiris jeruk nipis.

No comments:

Post a Comment