Monday 19 December 2016

PETUGAS ROOM SERVICES



 PETUGAS ROOM SERVICES
Susunan (jenjang jabatan) dan jumlah petugas di room service dalam suatu hotel tergantung besar kecilnya operasi dan kebijakan pimpinan hotel. Sebagai suatu contoh, jabatan yang biasanya ada di room service adalah :

1.                   Room Service Manager
            Sebagai kepala atau pemimpin tertinggi di room service. Dia bertugaas untuk menyusun dan mengatur operasi secara keseluruhan demi keberhasilan fungsi room service. Bertanggung jawab ataas seluruh dan keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan, sikap dan kesopanan dalam menghadapi tamu, mengawasi dan memeriksa segala persiapan untuk service, dan selama service dia membuat dan memberi laporan serta bertangung jawab kepada atasannya (food and beverage manager).

2.                   Room Service Captain
Pada umumnya dia memeriksa waiters tentang kehadiran dan appearance. Menyediakan segala sesuatu untuk service, serta mengawasi persiapan dan service yang dilaksanakan.
            Biasanya sebelum pesanan tamu dikirim atau dibawa ke kemar, maka terlebih dahulu diperiksa oleh captain. Dia bertugas untuk membuat dan memberi laporan, serta bertanggung jawab kepada atasannya (room service manager/head waiter).
            Pada pokoknya dia bertugas untuk menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu, dia berfungsi sebagai alat penghubung dan pemberi keterangan kepada tamu mengenai segala sesuatu tentang makanan dan minuman.
Sebagai penjual dia harus sopan, ramah dan cukup dalam pengetahuan serta terampil. Semua pesanan tamu harus disampaikan secara tepat dan benar kepada para waiters.

3.                   Room Service Waiters
Menyiapkan segala peralatan dan supplies untuk service, menyiapkan (setting-up) trays trolleys adalah tugas waiters. Tugas utama waiters yaitu menyajikan makanan dan minuman di kamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, kitchen atau bar, mengambilnya, menyajikannya, melayani tamu dan mengambil barang-barang kotor dari kamar tamu, selain itu dia harus mengetahui dengan pasti bahwa rekening tamu sudah ditandatangani atau telah dilunasi oleh tamu.
Pada umumnya room service beroperasi selama satu hari penuh siap menyajikan makanan dan minuman untuk breakfast (makan pagi), lunch (makan siang), dinner dan supper (makan malam). Disamping   itu room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu seperti :
a.                   Mempersiapkan buah-buahan, minuman dan lain-lainnya di kamar tamu VIP atau kamar tertentu (president rooms).
b.                  Melaksanakan pesanan makan dan minum tamu (lunch boxes) untuk keperluan tamu selama bertamasya.

Selain kedua tugas tersebut, tugas pokok room service yakni meliputi :
a.                   Preparation
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan, termasuk ruang kerja.  Menjaga agar segala sesuatunya siap untuk dipergunakan.
b.                  Ordertaking
Mencatat pesanan tamu dengan cermat, baik secara langsung melalui telepon atau tertulis melalui door knob menu.
c.                   Service
Menyajikan makanan dan minuman dengan benar sesuai dengan pesanan, baik mengenai jenis, jumlah hidangan, besrta alat yang dipergunakan, waktu dan nomor kamar pemesan.
d.                  Clear-up
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan dan selanjutnya membawa ke tempat pencucian.
1)                 Harus berusaha agar operasi selalu sukses, sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan.
2)                 Selalu tetap menjalin kepuasan tamu dengan memberikan service yang baik serta suasana yang menyenangkan.
3)                 Harus selalu menggunakan dan memelihara semua peralatan room service secara tepat dan benar. Pengawasan harus dilakukan dengan teratur, dan melakukan perbaikan seperlunya.
4)                 Menjaga kebersihan tempat kerja dan semua peralatan yang digunakan adalah mutlak perlu. Hal ini lebih menjamin kesehatan para petugas dan juga keamanan tamu dari penularan penyakit.
    
Untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajiban secara baik dan benar, maka perlu adanya kerjasama yang harmonis. Kerjasama ini diperlukan tidak hanya antara petugas room service dengan petugas-petugas dari seksi/bagian lain yang ada di hotel.

            Bagian yang sangat erat hubungannya dengan tugas dan kewajiban room service adalah kitchen (cook), bar (bartender), steward (dish-washer), housekeeping (room boy/maid) dan front office (bell-boy). Dengan terciptanya suasana kerja yang baik dan harmonis makan akan dapat meningkatkan produktivitas kerja, lebih tepat dan effisien. Pelayanan yang diberikan kepada tamu dan dengan tambah baik, akan lebih menjamin kepuasan tamu dan dengan sendirinya akan dapat meningkatkan hasil penjualan serta keuntungan hotel.

1 comment:

  1. Apakah lulusan sma bisa mendaftar menjadi petugas room service ?

    ReplyDelete