PETUGAS ROOM SERVICES
Susunan
(jenjang jabatan) dan jumlah petugas di room service dalam suatu hotel
tergantung besar kecilnya operasi dan kebijakan pimpinan hotel. Sebagai suatu
contoh, jabatan yang biasanya ada di room service adalah :
1.
Room Service Manager
Sebagai kepala atau pemimpin
tertinggi di room service. Dia bertugaas untuk menyusun dan mengatur operasi
secara keseluruhan demi keberhasilan fungsi room service. Bertanggung jawab
ataas seluruh dan keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan
keterampilan, sikap dan kesopanan dalam menghadapi tamu, mengawasi dan
memeriksa segala persiapan untuk service, dan selama service dia membuat dan
memberi laporan serta bertangung jawab kepada atasannya (food and beverage
manager).
2.
Room Service Captain
Pada
umumnya dia memeriksa waiters tentang kehadiran dan appearance. Menyediakan
segala sesuatu untuk service, serta mengawasi persiapan dan service yang
dilaksanakan.
Biasanya sebelum pesanan tamu
dikirim atau dibawa ke kemar, maka terlebih dahulu diperiksa oleh captain. Dia bertugas
untuk membuat dan memberi laporan, serta bertanggung jawab kepada atasannya
(room service manager/head waiter).
Pada pokoknya dia bertugas untuk
menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu, dia berfungsi sebagai
alat penghubung dan pemberi keterangan kepada tamu mengenai segala sesuatu
tentang makanan dan minuman.
Sebagai
penjual dia harus sopan, ramah dan cukup dalam pengetahuan serta terampil.
Semua pesanan tamu harus disampaikan secara tepat dan benar kepada para
waiters.
3.
Room Service Waiters
Menyiapkan
segala peralatan dan supplies untuk service, menyiapkan (setting-up) trays
trolleys adalah tugas waiters. Tugas utama waiters yaitu menyajikan makanan dan
minuman di kamar tamu, termasuk menyiapkan pesanan tamu, kitchen atau bar, mengambilnya,
menyajikannya, melayani tamu dan mengambil barang-barang kotor dari kamar tamu,
selain itu dia harus mengetahui dengan pasti bahwa rekening tamu sudah
ditandatangani atau telah dilunasi oleh tamu.
Pada
umumnya room service beroperasi selama satu hari penuh siap menyajikan makanan
dan minuman untuk breakfast (makan pagi), lunch (makan siang), dinner dan
supper (makan malam). Disamping itu
room service juga melaksanakan tugas-tugas tertentu seperti :
a.
Mempersiapkan buah-buahan, minuman dan lain-lainnya di
kamar tamu VIP atau kamar tertentu (president rooms).
b.
Melaksanakan pesanan makan dan minum tamu (lunch boxes)
untuk keperluan tamu selama bertamasya.
Selain
kedua tugas tersebut, tugas pokok room service yakni meliputi :
a.
Preparation
Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang
diperlukan, termasuk ruang kerja.
Menjaga agar segala sesuatunya siap untuk dipergunakan.
b.
Ordertaking
Mencatat pesanan tamu dengan cermat, baik secara
langsung melalui telepon atau tertulis melalui door knob menu.
c.
Service
Menyajikan makanan dan minuman dengan
benar sesuai dengan pesanan, baik mengenai jenis, jumlah hidangan, besrta alat
yang dipergunakan, waktu dan nomor kamar pemesan.
d.
Clear-up
Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang
telah digunakan dan selanjutnya membawa ke tempat pencucian.
1)
Harus berusaha agar operasi selalu sukses, sehingga
dapat meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan.
2)
Selalu tetap menjalin kepuasan tamu dengan memberikan
service yang baik serta suasana yang menyenangkan.
3)
Harus selalu menggunakan dan memelihara semua peralatan
room service secara tepat dan benar. Pengawasan harus dilakukan dengan teratur,
dan melakukan perbaikan seperlunya.
4)
Menjaga kebersihan tempat kerja dan semua peralatan
yang digunakan adalah mutlak perlu. Hal ini lebih menjamin kesehatan para
petugas dan juga keamanan tamu dari penularan penyakit.
Untuk
dapat melaksanakan tugas dan kewajiban secara baik dan benar, maka perlu adanya
kerjasama yang harmonis. Kerjasama ini diperlukan tidak hanya antara petugas room
service dengan petugas-petugas dari seksi/bagian lain yang ada di hotel.
Bagian yang sangat erat hubungannya
dengan tugas dan kewajiban room service adalah kitchen (cook), bar (bartender),
steward (dish-washer), housekeeping (room boy/maid) dan front office
(bell-boy). Dengan terciptanya suasana kerja yang baik dan harmonis makan akan
dapat meningkatkan produktivitas kerja, lebih tepat dan effisien. Pelayanan
yang diberikan kepada tamu dan dengan tambah baik, akan lebih menjamin kepuasan
tamu dan dengan sendirinya akan dapat meningkatkan hasil penjualan serta
keuntungan hotel.
Apakah lulusan sma bisa mendaftar menjadi petugas room service ?
ReplyDelete