Monday 19 December 2016

PEMESANAN (ORDER) Hotel/Restoran



PEMESANAN (ORDER)
Pada umumnya dalam hotel ada restaurant dan bar, dimana para tamu dapat membeli dan menikmati makanan. Disamping itu, ada juga tamu yang ingin menikmati makanan dan minuman di kamarnya sendiri. Untuk memenuhi keperluan tersebut biasanya dalam suatu hotel ada bagian khusus untuk itu, yang disebut : Room service (pelayanan di kamar).
            Disamping itu room service juga, menyajikan makanan dan minuman di tempat-tempat lain dalam hotel, seperti di lobby, toko dan kantor yang ada di hotel.
            Fungsi room service dalam suatu hotel pada pokoknya sama dan sejalan dengan restaurant dan bar. Kalau restoran dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di restoran atau bar, sedangkan room service di kamar-kamar hotel.
            Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking the order), menyiapkan menyajikan di kamar dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar. Selaian itu room service juga bertujuan untuk mendapatkan serta meningkatkan keuntungan (laba) hotel. Nama baik hotel perlu dipertahankan, ditingkatkan demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Untuk itu perlu ditingkatakan keterampilan dalam pelayanan dan tetap berusaha memberi pelayanan yang memuaskan.
            Dari sudut kepentingan operasi agen perjalanan atau operator wisata, penting untuk mengetahui bagaimana caranya memesan kamar hotel (reservasi atau Booking) untuk tamu atau langgganan dalam perjalanan mereka ke hotel . waktu mereka itu di hotel, mereka mengharapkan segera dapat menggunakan atau menikmati kamar-kamar yang telah mereka pesan, khususnya kalau hal tersebut rombongan wisatawan yang telah menempuh perjalanan panjang.


Secara umum reservasi kamar hotel dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
1.                   langsung berhubungan dengan hotel.
2.                   dengan perantaraan perwakilan hotel.
3.                   dengan perantaraan perwakilan penerbagan.
4.                   dengan perantaraan perkumpulan wisatawan, kalu ada.
5.                   bekerjasama dengan bisnis reservasi lainnya.

Sebelummya agen perjalanan atau operator wisata sebaiknya tahu atau memperoleh informasi tentang langganannya dan segala kebutuhannya, terutama tentang :
1.                  Macam kamar yang lebih disukainya.
2.                  Hari atau tanggal tamunya itu akan menggunakan kamar yang dipesannya. 
3.                  Berapa lama ia (tamu) merencanakan tanggal di hotel.
4.                  Pelayanan yang sangat diharapkannya.
5.                  Sewa kamar yang dikehendaki selaras dengan peraturan hotel.
6.                  Nama, alamat, dan juga nomor telepon tamunya.

Ada beberapa cara dalam memesan kamar di hotel. Misalnya :
1.                  Langsung berhubungan dengan hotel yang bersangkutan. Hal tersebut dilakukan oleh agen perjalanan atau operator wisata kalu hotel itu terdapat di kota yang sama..
2.                  Mengirim surat formil yang dibuat khusus untuk keperluan ini.
3.                  Mengirim telegram. Perhatikan kode telegram untuk maksud khusus ini.
4.                  Mengirim telex, ingat nomor telex hotel yang bersangkutan.
5.                  Lewat telepon, klau kedua tempat (operator wisata dan hotel)dapat berhubungan dengan terlepon.
Kode Internasional biasanya digunakan kalau mengadakan pesanan hotel lewat telegram (antara tempat-tempat yang berjauhan).

Selain itu, terdapat pula hal-hal yang perlu diketahui pada room services, yaitu :
1.                   Room Service Menu (daftar makanan dan minuman)
            Pada pokoknya ada dua macam menu yang dipakai di room seervice yaitu :
a.                    Breakfast Menu (menu untuk makan pagi)
Menu ini mungkin a la carte atau table d’hote, sedangkan makanan dan minuman yang dijual dapat berupa simple breakfast (continental breakfast) atau full breakfast (Enflish atau America atau Club Breakfast) atau Indonesia Breakfast.
Tamu yang memesan makanan dan minuman yang menggantungkan menu di pintu kamarnya  setelah menu itu ditulis sendiri sesuai dengan apa yang dipesan makan menu itu disebut “Door Knob Menu”.
b.                    Complete Menu (Menu lengkap)
Pada umumnya menu ini bersifat a la carte baik untuk breakfast, lunch, dinner, supper dan lainnya. Biasanya dilengkapi juga dengan berbagai minuman seperti beers, spirits, liqueurs, wines, dan minuman campuran.

2.                   Other Supplies
Macam-macam supplies yang biasanya digunakan adalah : paper napkin, coaster dan lainnya.

No comments:

Post a Comment