PEMESANAN (ORDER)
Pada
umumnya dalam hotel ada restaurant dan bar, dimana para tamu dapat membeli dan
menikmati makanan. Disamping itu, ada juga tamu yang ingin menikmati makanan
dan minuman di kamarnya sendiri. Untuk memenuhi keperluan tersebut biasanya
dalam suatu hotel ada bagian khusus untuk itu, yang disebut : Room service
(pelayanan di kamar).
Disamping itu room service juga,
menyajikan makanan dan minuman di tempat-tempat lain dalam hotel, seperti di
lobby, toko dan kantor yang ada di hotel.
Fungsi room service dalam suatu
hotel pada pokoknya sama dan sejalan dengan restaurant dan bar. Kalau restoran
dan bar menjual dan menyajikan makanan dan minuman di restoran atau bar,
sedangkan room service di kamar-kamar hotel.
Dalam fungsi ini juga termasuk
mengambil pesanan (taking the order), menyiapkan menyajikan di kamar dan
mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar. Selaian itu room
service juga bertujuan untuk mendapatkan serta meningkatkan keuntungan (laba)
hotel. Nama baik hotel perlu dipertahankan, ditingkatkan demi tercapainya
tujuan yang diharapkan. Untuk itu perlu ditingkatakan keterampilan dalam
pelayanan dan tetap berusaha memberi pelayanan yang memuaskan.
Dari
sudut kepentingan operasi agen perjalanan atau operator wisata, penting untuk
mengetahui bagaimana caranya memesan kamar hotel (reservasi atau Booking) untuk
tamu atau langgganan dalam perjalanan mereka ke hotel . waktu mereka itu di
hotel, mereka mengharapkan segera dapat menggunakan atau menikmati kamar-kamar
yang telah mereka pesan, khususnya kalau hal tersebut rombongan wisatawan yang
telah menempuh perjalanan panjang.
Secara umum reservasi kamar hotel dapat dilakukan dengan
cara-cara berikut :
1.
langsung berhubungan dengan hotel.
2.
dengan perantaraan perwakilan hotel.
3.
dengan perantaraan perwakilan penerbagan.
4.
dengan perantaraan perkumpulan wisatawan, kalu ada.
5.
bekerjasama dengan bisnis reservasi lainnya.
Sebelummya agen perjalanan atau operator wisata sebaiknya
tahu atau memperoleh informasi tentang langganannya dan segala kebutuhannya,
terutama tentang :
1.
Macam kamar yang lebih disukainya.
2.
Hari atau tanggal tamunya itu akan menggunakan kamar
yang dipesannya.
3.
Berapa lama ia (tamu) merencanakan tanggal di hotel.
4.
Pelayanan yang sangat diharapkannya.
5.
Sewa kamar yang dikehendaki selaras dengan peraturan
hotel.
6.
Nama, alamat, dan juga nomor telepon tamunya.
Ada beberapa cara dalam memesan kamar di hotel. Misalnya :
1.
Langsung berhubungan dengan hotel yang bersangkutan.
Hal tersebut dilakukan oleh agen perjalanan atau operator wisata kalu hotel itu
terdapat di kota yang sama..
2.
Mengirim surat formil yang dibuat khusus untuk
keperluan ini.
3.
Mengirim telegram. Perhatikan kode telegram untuk
maksud khusus ini.
4.
Mengirim telex, ingat nomor telex hotel yang
bersangkutan.
5.
Lewat telepon, klau kedua tempat (operator wisata dan
hotel)dapat berhubungan dengan terlepon.
Kode Internasional biasanya digunakan kalau mengadakan
pesanan hotel lewat telegram (antara tempat-tempat yang berjauhan).
Selain itu, terdapat pula hal-hal yang perlu diketahui
pada room services, yaitu :
1.
Room Service Menu (daftar makanan dan minuman)
Pada
pokoknya ada dua macam menu yang dipakai di room seervice yaitu :
a.
Breakfast Menu (menu untuk makan pagi)
Menu ini mungkin a la carte atau table d’hote, sedangkan
makanan dan minuman yang dijual dapat berupa simple breakfast (continental
breakfast) atau full breakfast (Enflish atau America atau Club Breakfast) atau
Indonesia Breakfast.
Tamu yang memesan makanan dan minuman yang menggantungkan
menu di pintu kamarnya setelah menu itu
ditulis sendiri sesuai dengan apa yang dipesan makan menu itu disebut “Door
Knob Menu”.
b.
Complete Menu (Menu lengkap)
Pada umumnya menu ini bersifat a la carte baik untuk
breakfast, lunch, dinner, supper dan lainnya. Biasanya dilengkapi juga dengan
berbagai minuman seperti beers, spirits, liqueurs, wines, dan minuman campuran.
2.
Other Supplies
Macam-macam
supplies yang biasanya digunakan adalah : paper napkin, coaster dan lainnya.
No comments:
Post a Comment