Monday 19 December 2016

PERALATAN ROOM SERVICE



PERALATAN ROOM SERVICE

Peralatan yang dipergunakan di room service kebanyakan sama dengan yang dipakai di restaurant, seperti jenis chinawere, glassware, silverware dan linen. Disamping itu ada beberapa peralatan penting dan khusus biasanya digunakan sebagai perlengkapan kantor room service adalah :

1.                   Telephone
Suatu  alat perhubungan yang dapat menangkap (menerima) dan mengirim suara ke satu tempat. Pesawat telepon dipakai menerima pesanan makanan dan minuman secara langsung dari tamu, dan juga untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada tamu oleh order taker. Jenis dan sistimnya ada bermacam-macam.

2.                   Time stamp
Suatu  jam yang dapat mencap waktu tertentu pada saat digunakan di atas permukaan alat yang dicap (order pad). Alat ini digunakan untuk mencatat jam berapa pesanan makanan dan minuman tamu dikirim ke kamar.

3.                   Room Rack
Suatu  rak dimana tercantum nomor-nomor kamar hotel secara teratur. Pada rak ini akan ditaruh nama-nama tamu yang menginap di hotel sesuai dengan nomor kamarnya. Alat-alat keperluan kantor lainnya adalah meja (tempat order taker menulis pesanan), kursi dan lain-lainnya. Demikian juga perlatan yang dipergunakan untuk service pada pokoknya hampir sama dengan yang dipakai di reataurant. Ada satu alat tertentu yang hanya digunakan di room service disebut “trolley” (service trolley atau room service table). Ini adalah suatu meja makan yang pada setiap kakinya berisi roda, digunakan khusus untuk melayani tamu di kamar, meja ini dapat di dorong atau dijalankan, dan juga biasanya dapat dilipat, dolengkapi pula dengan “heater” (alat pemanas) untuk menjaga agar makanan panas yang akan disajikan tetap panas sampai di kamar tamu. Demikian pula mengenai supplies yang digunakan di room service hampir serupa dengan yang dipakai di restaurant.

No comments:

Post a Comment