Monday 19 December 2016

Jenis-Jenis Minuman



Pada dasarnya, jenis-jenis minuman dapat diklasifikasikan ke dalam 2 kelompok besar yang masing-masing kemudian digolongkan atas jenis menurut bahan pembuatannya, penggunaan serta negara asal minuman.
Kedua jenis kelompok minuman tersebut adalah :
1.                   Minuman yang tidak mengandung alkohol
Minuman yang tidak mengandung alkohol terdiri atas 4 golongan :
a.                    Sari buah (fruit juice) seperti orange juice, tomato, pineapple, lemon juice dan lime juice.
b.                   Air mineral seperti Aqua, Vit, Oasis, Evian, Perrier, Vichy dan lain-lain.
c.                    Sirup seperti Grenadine Syrup, Markisa, Mocha.
d.                   Soft drink yang mengandung soda seperti Coca Cola, Seven Up, Ginger Ale, Tonic Water, Soda Water, Bitter Lemon.

2.                   Minuman yang mengandung alkohol.
Minuman yang mengandung alkohol terdiri atas 3 golongan :
a.                    Beer atau Bir dengan jenis Ale, Lager dan Dark Beer berkadar alkohol kurang lebih 6%, bir ini sangat terkenal, hampir di setiap negara di dunia memproduksinya. Contohnya : Budweiser(USA), Becks dan Lowenbrau (Jerman), Heineken dan Amstel (Belanda), San Miguel (Philipina).
b.                   Anggur atau Wine yang dibuat dari buah anggur yang difermentasi dan dibagi lagi menurut penggunaannya, yaitu :
1)                   Apperitif (yang diminum sebelum makan) seperti Dry Sherry, Vermouth dan Dubonnet. 
2)                   Table Wine (yang diminum bersama makanan pokok) seperti :
a)                   White Wine           : Cocok untuk makanan yang berdaging putih     seperti   unggas dan ikan. Contohnya : Chablis, Chardoney, Poulle Fusse.
b)                   Rose Wine             : Cocok untuk makanan pokok apa saja, seperti Mateus Rose.
c)                   Red Wine               : Cocok untuk makanan yang berdaging merah seperti daging sapi, daging kambing, dan lembu muda (Veal). Contohnya : St. Emelion, Chateau Margoux dan lain-lain.
3)                   Dessert Wine (diminum setelah makan), seperti Sweet Vermuoth, Port dan   Sherry Wine.
4)                   Chanpagne : adalah anggur yang hanya dihasilkan oleh daerah tertentu di Perancis yang sangat bermutu tinggi dan anggur ini mengandung gas, contohnya : Dom Perignon, Pommery et Greno, Charles Heidsick. Champagne ini cocok untuk diminum baik sebelum, selama maupun sesudah makan.
c.                  Sprite atau minuman yang kandungan alkoholnya didapat dengan proses distilasi, rata-rata mengandung kadar alkohol mulai dari 12% hingga 34% yang juga terbagi menjadi dua, yaitu :
1)                   Liquor            : Contohnya Whisky (Scotch, Irish, Canadian) Brandy dan Cognag. Rum, Gin, Vodka, Tequila, Arak dan sebagainya.
2)                   Liquer : Contohnya Cointreau, Drambuie, Crème de Menthe, Cherry        Brandy, Benedictine, Tia Maria dan lain-lain.
d.   Cocktail : sejenis minuman campuran yang terdiri atas dua atau lebih macam
e.    Minuman, dan pembuatannya harus sesuai dengan resep dan cara penghidangannya dengan gelas dan diberi hiasan tersendiri, misalnya hiasan bunga, jeruk, payung dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment